17.

Posted on

Discovery akan menjadi invention apabila
a. Penemuan tersebut diketahui banyak
orang
b. Masyarakat sudah mengakui, menerima,
serta menerapkan penemuan baru
G masyarakat menemukan ide baru
untuk perkembangan kebudayaan
d. Seseorang menciptakan alat yang
berfungsi untuk menyejahterakan
masyarakat​

17.

Jawaban:

Discovery dapat berkembang menjadi invention, jika masyarakat mampu mengakui, meneruma dan menerapkan penemuan discovery tersebut.

B. Masyaakat sudah mengakui, menerima,

serta menerapkan penemuan baru

 Jawaban Panjang:

 Perubahan dalam masyarakat sering terjadi disekitar kita. Perubahan ini dapat berupa perubahan misalnya perubahan gaya hidup, pemikiran dan perilaku.

 Secara garis besar faktor penyebab perubahan sosial dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal misalnya adalah penemuan. Penemuan dapat berupa discovery atau Invention.

 Discovery adalah penemuan unsur-unsur kebudayaan yang baru baik berupa suatu alat baru maupun ide baru. Discovery akan menjadi invention kalau masyarakat sudah mengakui, menerima, serta menerapkan penemuan baru itu. Seringkali proses discovery sampai ke invention membutuhkan tidak hanya satu pencipta, tetapi rangkaian dari beberapa pencipta.

 Misalnya penemuan telepon melalui berbagai tahapan, seperti penemuan komputer yang melalui penemuan mesin punch car, tabung vakum, transistor, integrated chips dan komponen lainnya.

 Beberapa faktor pendorong bagi penemuan-penemuan baru dalam masyarakat, antara lain sebagai berikut.

 a) Kesadaran dari perorangan adanya kekurangan dalam kebudayaan.

b) Kualitas ahli-ahli dalam suatu kebudayaan.

c) Perangsang bagi aktivitas-aktivitas penciptaan dalam masyarakat.

 Penemuan baru (invention) menimbulkan pengaruh yang bermacam-macam di dalam masyarakat. Suatu penemuan baru (invention) dapat menyebabkan perubahan-perubahan dalam bidang lain,

 seperti: politik, agama, pendidikan, kesenian, adat istiadat, dan sebagainya. Contohnya penemuan radio, TV, dan telepon.

SEMOGA MEMBANTU