Mengapa Bumi merupakan satu-satunya planet dalam galaksi Bima Sakti yang diketahui mampu menunjang kehidupan?

Posted on

Mengapa Bumi merupakan satu-satunya planet dalam galaksi Bima Sakti yang diketahui mampu menunjang kehidupan?

Jawaban Terkonfirmasi

Syarat-syarat utama suatu planet dianggap dapat menunjang kehidupan ialah:

  1.  Terdapat air berwujud cair yang dapat segera dimanfaatkan oleh makhluk hidup.
  2.  Terdapat oksigen dan gas-gas yang dibutuhkan oleh makhluk hidup.
  3.  Permukaan planet yang keras dan memiliki kondisi lingkungan yang ideal bagi makhluk hidup.

Karena satu-satunya planet di galaksi bimasakti yang memenuhi ketiga syarat di atas ialah planet bumi, maka dengan demikian hanya Bumi yang merupakan satu-satunya planet dalam galaksi Bimasakti yang diketahui mampu menunjang kehidupan.

PEMBAHASAN

  Apa itu makhluk hidup? Apa itu kehidupan? Kamu mungkin mengetahui jawabannya. Makhluk hidup merupakan suatu kumpulan zat yang memiliki sifat-sifat hidup. Kehidupan adalah aktivitas yang dilakukan oleh makhluk hidup sejak lahir hingga mati.

  Makhluk hidup dibedakan dengan benda mati oleh karena ciri-ciri yang dimilikinya. Apa saja ciri-ciri makhluk hidup? Ciri-ciri makhluk hidup adalah:

  1.   Bergerak: makhluk hidup dapat melakukan gerak atas kehendak tubuhnya sendiri. Tidak ada satupun hal/benda yang dapat bergerak dengan kehendak tubuhnya sendiri selain makhluk hidup.
  2.   Membutuhkan makanan: makhluk hidup memperoleh energinya dengan cara mengonsumsi makanan, baik yang diperoleh dari makhluk hidup lain (heterotropik) ataupun yang dibuat sendiri (autotrofik).
  3.   Peka terhadap rangsangan: rangsangan dibutuhkan oleh makhluk hidup agar dapat mendeteksi lingkungannya. Misalnya, organ mata yang sensitif (peka) terhadap cahaya dimanfaatkan oleh makhluk hidup untuk mendeteksi rupa lingkungannya.
  4.   Bernapas (respirasi): kegiatan ini dilakukan oleh makhluk hidup untuk menyerap gas yang dibutuhkan oleh tubuhnya dan membuang gas yang tidak dibutuhkan.
  5.   Bertumbuh: tidak ada satupun makhluk hidup yang memiliki bentuk tubuh yang sama terus-menerus sejak dilahirkan hingga mati. Semua makhluk hidup akan mengalami pertumbuhan mulai dari bentuk yang sederhana (muda) hingga bentuk yang kompleks (dewasa).
  6.   Mengeluarkan zat sisa: tidak semua zat yang masuk ke dalam tubuh suatu makhluk hidup adalah zat yang dibutuhkan. Zat tersebut akan dibuang sehingga menyediakan tempat bagi zat yang dibutuhkan makhluk hidup.
  7.   Bereproduksi (berkembang biak): kegiatan ini dilakukan oleh makhluk hidup untuk melestarikan jenisnya. Tanpa adanya perkembangbiakan makhluk hidup, tentu saja tidak akan mungkin ada kehidupan yang dapat diteruskan.
  8.   Beradaptasi: mengapa makhluk hidup perlu beradaptasi? Adaptasi dilakukan oleh makhluk hidup agar dapat melangsungkan kehidupannya dengan baik sehingga dapat bertahan hidup.

  Berdasarkan ciri-ciri makhluk hidup di atas, kita dapat membuat kesimpulan bahwa suatu planet dapat menunjang kehidupan apabila:

  • Terdapat sumber energi (makanan) yang dibutuhkan agar makhluk hidup dapat bertahan hidup.
  • Terdapat sumber rangsangan yang dapat diterima oleh makhluk hidup agar dapat mengetahu kondisi lingkungannya.
  • Terdapat oksigen dan gas-gas lain yang dibutuhkan makhluk hidup.
  • Planet tersebut memiliki kondisi lingkungan yang ideal bagi makhkuk hidup untuk melangsungkan kehidupannya.

  Tidak lupa, satu hal yang dibutuhkan oleh makhluk hidup ialah air. Air tidak hanya dimanfaatkan oleh manusia, melainkan juga dimanfaatkan oleh makhluk hidup lain.

  Air dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk:

  • Membantu melarutkan makanan.
  • Membawa sari-sari makanan ke seluruh sel dalam tubuh makhluk hidup.
  • Membantu mengangkut oksigen yang dibawa oleh sel darah merah ke seluruh tubuh, dll.

  Oleh karena sangat pentingnya air bagi makhluk hidup, air menjadi salah satu hal yang menunjang kehidupan.

  Planet yang berpotensi dapat menunjang kehidupan disebut planet layak huni. Satu-satunya planet layak huni yang diketahui dihuni oleh makhluk hidup adalah Bumi. Tetapi tahukah kamu bahwa ada sebuah planet atau beberapa satelit di Tata Surya yang memenuhi beberapa syarat-syarat planet/satelit layak huni?

  Misalnya planet Mars. Di planet tersebut ternyata terdapat air namun dalam bentuk padat (es). Adanya air merupakan salah satu syarat sebuah planet dikatakan planet layak huni. Atau misalnya di salah satu satelit Yupiter, yaitu Europa. Beberapa ilmuwan berspekulasi bahwa mungkin terdapat kehidupan di satelit tersebut oleh karena adanya samudra yang tertutup oleh permukaannya yang keras.

PELAJARI LEBIH LANJUT

Ciri-ciri planet bumi:

_______________

DETAIL JAWABAN

bold {Mapel::} Geografi

bold {Kelas::} 10

bold {Materi::} Dinamika Planet Bumi dan Tata Surya

bold {Kode:Kategorisasi::} 10.8.3

Kata Kunci : Planet layak huni, makhluk hidup, kehidupan, Bumi