Ada 3 Sebab orang di katakan murtad,sebutkan!Dan jelaskan beserta Contoh-contohnya!

Posted on

Tolong di jawab ya kk​

Ada 3 Sebab orang di katakan murtad,sebutkan!Dan jelaskan beserta Contoh-contohnya!

Jawaban:

1.Mengingkari Sifat Allah

Para ulama sepakat bahwa siapa saja dari umat Islam yang meyakini bahwa tuhan itu tidak ada alias atheis, dia telah murtad dari agama Islam.

Demikian juga bila mengingkari satu dari sifat-sifat Allah yang jelas, tegas, dan tsabit, maka dia telah murtad keluar dari agama Islam, seperti pernyataan Allah punya anak, istri dan sebagainya.

Termasuk bila seseorang mengatakan bahwa Allah itu tidak abadi, atau sebaliknya malah mengatakan alam ini kekal abadi, maka dia telah murtad.

 Mengingkari Kebenaran Al-Quran

2. Mengingkari Kebenaran Al-Quran

Orang yang kebenaran kebenaran Al-Quran, bahwa kitab itu turun dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, turun dengan tawatur, melalui Jibril alaihissalam, dengan bahasa Arab, serta menjadi mukjizat buat Rasulullah SAW, dan dengan itu Allah menantang orang Arab untuk membuat yang setara , maka dia sudah murtad.

Termasuk di dalamnya kategori murtad adalah orang yang menolak kebenaran satu ayat dari ayat Quran, kecuali bila ayat itu memang multi tafsir atau sudah dinasakh hukumnya.

3. Mengingkari Kenabian Muhammad SAW

Menolak kenabian Muhammad SAW termasuk keyakinan yang sesat dan mengakibatkan murtad dari agama Islam. Sebab dasar agama Islam itu ditempatkan pada keyakinan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah seorang nabi yang menjadi Utusan Allah secara resmi.

Maka mengingkari kenabian beliau SAW sama saja menngingkari keberadaan agama Islam. Berarti orang yang mengingkarinya telah ingkar atau kafir dari agama Islam.