Alat yang digunakan untuk senam irama yang berbentuk seperti pentungan disebut… *

Posted on

Alat yang digunakan untuk senam irama yang berbentuk seperti pentungan disebut… *

Alat yang digunakan untuk senam irama yang berbentuk seperti pentungan disebut gada.

Pembahasan

Senam irama dengan nama lain senam ritmik adalah senam yang dilakukan dengan mengikuti irama musik atau irama suara lain. Senam irama dapat dilakukan dengan bantuan alat tertentu atau bisa juga dilakukan dengan tidak menggunakan bantuan alat tertentu. Alat-alat yang biasa digunakan sebagai properti senam irama misalnya bola, tongkat, simpai, gada, pita, tali, topi, dan lain-lain. Inti peralatan senam irama harus dapat menambah keindahan gerak pesenam dan membuat gerakan senam semakin menarik.

  • Bola adalah benda berbentuk bulat penuh dibuat dari karet atau bahan sintetis lainnya. Dalam senam irama, bola biasanya dilempar, dipantulkan, digelindingkan, atau diayunkan.
  • Tongkat adalah benda yang kuat dan tipis berbentuk memanjang dibuat dari kayu, plastik, atau bahan lain. Dalam senam irama, tongkat biasa diayunkan atau diputar-putar.
  • Simpai adalah benda berbentuk lingkaran seperti gelang berukuran lebih besar. Simpai dibuat dari bahan kayu atau plastik. Dalam senam irama, simpai biasa dimainkan di kepala, di tangan, atau di pinggang.
  • Gada adalah benda berbentuk seperti tongkat pemukul / pentungan. Gada dalam senam irama dibuat dari kayu atau plastik dengan ukuran berat paling sedikit adalah 150 gram.
  • Tali adalah benda semacam tambang tetapi umumnya dibuat dari bahan sutra. Dalam senam irama, tali biasa dimainkan dengan cara diayunkan atau dilemparkan.
  • Pita adalah benda yang dibuat dari kain. Pita dalam senam irama biasa diletakkan dengan tongkat seperti merekat pada tongkat kemudian dimainkan dengan cara mengayunkan tongkat tersebut sehingga pita juga ikut bergerak.
  • Topi adalah benda yang umumnya dipakai di kepala. Topi dalam senam irama ada berbagai macam bentuk dan variasi. Biasanya topi dimainkan dengan diayunkan atau dilemparkan.

Pelajari lebih lanjut

  1. Sebutkan 3 tahapan dalam senam irama I brainly.co.id/tugas/17857676
  2. Jelaskan manfaan melakukan senam irama I brainly.co.id/tugas/23141535
  3. Rangkuman senam irama ​I brainly.co.id/tugas/34959889

Detail jawaban

Kelas : 8

Mapel : Penjaskes

Materi : Bab 7 – Senam irama dengan alat

Kode kategorisasi : 8.22.7

Kata kunci : Senam irama, dengan alat dan tanpa alat.