Berikan penjelasan bahwa tingkat penghasilan berpengaruh pada tingkat kebutuhan seseorang​

Posted on

Berikan penjelasan bahwa tingkat penghasilan berpengaruh pada tingkat kebutuhan seseorang​

Jawaban Terkonfirmasi

Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi tingkat kebutuhan seseorang adalah tingkat penghasilan. Tingkat penghasilan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kebutuhan seseorang karena semakin besar tingkat penghasilan seseorang maka kebutuhan seseorang juga menjadi semakin tinggi karena memiliki kemampuan daya beli yang kuat.

Pembahasan

Kebutuhan adalah hal-hal yang ada di dalam hidup seorang manusia dan harus dipenuhi karena akan mengganggu kelangsungan hidup seseorang apabila tidak dipenuhi. Pada dasarnya, sifat dari kebutuhan manusia ini sangat beragam dan juga tidak terbatas. Kebutuhan manusia disebut dengan beragam karena setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kebutuhan seseorang:

  • Tingkat penghasilan: semakin tinggi tingkat penghasilan yang dimiliki seseorang maka kebutuhan hidupnya juga akan semakin besar dan juga semakin beragam. Hal ini berkaitan dengan daya beli seseorang. Seseorang dengan tingkat penghasilan yang tinggi bisa memenuhi kebutuhan dan juga keinginannya sehingga pemenuhan kebutuhannya menjadi lebih beragam.
  • Tingkat pendidikan: semakin tinggi tingkat pendidikan yang dimiliki seseorang maka kebutuhannya juga akan semakin beragam. Contohnya adalah seorang mahasiswa membutuhkan laptop untuk menunjang pendidikannya, sedangkan seorang murid sekolah dasar belum membutuhkan laptop sebagai salah satu alat penunjang pendidikannya.
  • Umur: seiring bertambahnya umur seseorang, kebutuhannya juga semakin beragam dan semakin banyak.
  • Profesi: setiap pekerjaan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Perbedaan kebutuhan pada pekerjaan ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat kebutuhan manusia menjadi sangat beragam. Perbedaan kebutuhan ini juga membuktikan adanya kebutuhan individu yang merupakan adanya kebutuhan yang dibutuhkan oleh seseseorang yang belum tentu dibutuhkan oleh orang lain. Contohnya adalah seorang montir yang memerlukan tang, obeng, dll. yang belum tentu dibutuhkan oleh seorang dokter.
  • Selera masyarakat: adanya preferensi seseorang terhadap alat pemuas kebutuhan yang sangat spesifik. Selera masyarakat juga merupakan salah satu faktor yang mendorong adanya keberagaman kebutuhan seseorang. Contohnya adalah masyarakat golongan menengah ke atas yang lebih senang mengonsumsi apel dari Amerika meskipun Indonesia juga memiliki apelnya sendiri.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang jenis kebutuhan manusia berdasarkan tingkat kepentingannya

brainly.co.id/tugas/987899

Materi tentang jenis kebutuhan manusia berdasarkan sifatnya

brainly.co.id/tugas/2772355

Materi tentang jenis kebutuhan manusia berdasarkan subjeknya

brainly.co.id/tugas/17409988

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: IPS

Bab: 5 – Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi

Kode: 7.10.5

#AyoBelajar