Pasangan data yang tepat antara mineral dan unsurnya adalah nomor…

Posted on

Pasangan data yang tepat antara mineral dan unsurnya adalah nomor...

Pasangan data yang tepat antara mineral dan unsurnya adalah nomor…

Jawaban Terkonfirmasi

Pasangan data yang tepat antara mineral dan unsurnya adalah nomor…

(C) 2 dan 3

Hematit – Besi dan Bauksit – Aluminium

Pembahasan:

  1. Kriolit adalah mineral kaya aluminium (Al). Mineral ini mengandung senyawa natirum heksafloroaliminat (Na3AlF6). Kriolit adalah mineral langka yang dulu banyak terdapat di pantai barat Greenland, sebelum depositnya habis pada tahun 1987. Mineral berwarna putih ini digunakan sebagai bijih aluminium dan kemudian dalam proses elektrolitik untuk pengolahan bauksit menjadi aluminium.
  2. Hematit, adalah mineral kaya besi (Fe), dalam bentuk senyawa dengan rumus umum Fe2O3 (besi (III) oksida). Hematit terbentuk dalam bentuk kristal dan memiliki struktur kristal yang sama dengan mineral ilmenit dan korundum.
  3. Bauksit, adalah mineral utama sumber logam aluminium (Al), yang berwarna putih kemerahan dan kaya akan aluminium oksida atau Al(OH)3.
  4. Kalkopirit adalah mineral kaya tembaga (Cu) berwana kuning dengan komposisi kimia CuFeS₂. Mineral ini banyak ditemukan di besar deposit mineral sulfida dan menjadi bijih tembaga yang paling penting karena kelimpahannya. Permukaan kalkopirit kehilangan kilau logam dan warna kuning kekuningan pada saat pelapukan.
  5. Kasiterit adalah mineral kaya timah (Sn). Mineral ini berwarna merah kecoklatan atau kekuningan yang terdiri dari timah dioksida (SnO₂). Kasiterit adalah bijih utama timah. Selain itu bentuknya yang berkilau dan membentuk kristal menghasilkan batu perhiasan yang indah.

Pelajari lebih lanjut kegunaan tembaga di: brainly.co.id/tugas/4426747

Pelajari lebih lanjut paduan tembaga di: brainly.co.id/tugas/18472842

Pelajari lebih lanjut pelapisan tembaga di: brainly.co.id/tugas/22289557

————————————————————————————-

Detail Jawaban    

Kode: 10.7.7

Kelas: X

Mata pelajaran: Kimia  

Materi: Bab 7 – Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi

Kata kunci: Mineral, Kriolit, Hematit, Bauksit, Kasiterit, Kalkopirit