1. jelaskan pembentukan BPUPKI?

Posted on

2. apa tugas BPUPKI?
3. siapa saja toko yang mengusulkan rumusan dasar negara?
4. apa isi usulan dasar negara dari ir sukarno?
5. apa tujuan pembentukan PPKI
6. Tuliskan hasil Sidang PPKI

1. jelaskan pembentukan BPUPKI?

Jawaban:

1.BPUPKI merupakan badan atau Lembaga yang dibuat oleh jepang untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. BPUPK dibentuk pada tangga 29 April 1945. Dalam masa kerjanya, BPUPKI melaksanakan 2 sidang untuk menentukan dasar negara Indonesia.BPUPKI memiliki 67 anggota di mana 60 orang adalah Indonesia dan 7 orang dari Jepang yang bertugas untuk mengawasi. BPUPKI diketuai oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat dan Wakil Hibangase Yosia dari Jepang dan Raden Pandji Soeroso.

2.Tugas Utama BPUPKI

Tugas Utama BPUPKIMembahas mengenai Dasar Negara. Sesudah sidang pertama, BPUPKI membentuk reses selama satu bulan. Bertugas membentuk Panitia Kecil atau Panitia Delapan yang bertugas menampung saran-saran dan konsepsi dari para anggota. Bertugas membantu panitia sembilan bersama panitia kecil.

3.Tiga tokoh yang memberi usulan rumusan dasar negara itu adalah Muhammad Yamin, Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno. Ketiganya adalah tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara secara lisan maupun tulisan.

4.(1) Kebangsaan Indonesia

(2) Perikemanusiaan atau

Internasionalisme

(3) Demokrasi atau Mufakat

(4) Kesejahteraan Sosial

(5) Ketuhanan yang

Berkebudayaan

5.< mempersiapkan penyerahan kekuasaan pemerintah Jepang kepada bangsa Indonesia.m

< mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan bagi pendirian negara dan pemerintah Indonesia.

6.Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah : Meresmikan dan mengesahkan UUD 1945 sebagai Dasar Negara Bangsa Indonesia. Menetapkan ketua PPKI Ir. Soekarno dan wakil PPKI Drs. Moh. Hatta sebagai presiden dan wakil presiden Negara Indonesia. Pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)

Penjelasan:

maap jika salah:)

kalau bener jangan lupa jadikan jawaban tercedas dan tolong jangan report/hapus jawaban ini:)