Diskusikan dan buat tulisan ringkas tentang kejatuhan kerajaan banten ke tangan voc(3-6 halaman

Posted on

Diskusikan dan buat tulisan ringkas tentang kejatuhan kerajaan banten ke tangan voc(3-6 halaman

Jawaban Terkonfirmasi

Diawali dengan banten menyerang pasukan belanda yang ada di Batavia. Pada tahun 1655, Sultan Ageng, Raja Banten saat itu, mengirim 2 gelombang pasukan ke Batava untuk menyerang pasukan Belanda yang ada di sana.

Untuk menghentikannya, VOC menawari hadiah – hadiah menarik ke sultan Ageng agar dia mau menghentikan serangan. Namun Sultan Ageng menolak pemberian hadiah dair VOC dan malah melancarkan serangan geriliya besar – besaran ke VOC, menghancurkan banyak perkebunan milik VOC dan merusak kapal – kapal milik Belanda yang berada di pesisir Pantai.

Pada saat itu, Kerajaan Banten juga mendapat sejumlah dukungan dari
beberapa kerajaan seperti Kesultanan Cirebon dan Mataram. Ditambah lagi
sejumlah dukungan dari luar negeri seperti Turki, Inggris, Perancis, dan
Denmark yang memberikan bantuannya berupa senjata api. Hal ini semakin
memperkuat kedudukan dan kekuatan kerajaan Banten dalam menghadapi VOC.

Namun, terdapat perang Internal yang terjadi di kerajaan Banten. Sultan Ageng memiliki salah seorang putera yang bernama sultan Haji , dan Sultan Haji ini ingin merebut paksa kedudukan ayahnya sebagai Raja Banten, sehingga pasukan kerajaan Banten terbelah menjadi 2 kubu.

 Hal ini dilihat sebagai kesempatan emas oleh VOC yang langsung memberikan dukungan pasukan dan persejataan kepada Sultan Haji.
Setelah pertempuran yang sengit, pasukan Sultan Haji dan Pasukan VOC Menang dan berhasil memukul mundur pasukan Sultan Ageng. Namun pada 14 Maret 1683, sultan Ageng berhasil ditangkap oleh pasukan VOC

Dibawah pemerintahan Sultan Haji, Kerajaan Banten berada di dalam kekacauan, karena masyarakat tahu bahwa Sultan Haji telah merendahkan martabat kerajaan Islam dan meminta bantuan dari penjajah. Terjadilah pemberontakan di mana – mana, kerajaan – kerajaan yang dulu merupakan sahabat kerajaan Banten pun ikut melaksanakan serangan ke kerajaan Banten.

Hingga pada akhirnya, Istana Surosowan yang merupakan simbol kerajaan Banten runtuh total pada tahun 1813

Semoga membantu