Penyebaran islam dan kebudayaannya menggunakan berbagai saluran di bawah ini kecuali …

Posted on

a. saluran perdagangan
b. alam
c. perkawinan
d. dakwah

Penyebaran islam dan kebudayaannya menggunakan berbagai saluran di bawah ini kecuali …

Jawaban Terkonfirmasi

Penyebaran agama islam di Indonesia menggunakan berbagai cara kecuali dengan saluran alam yang berada dalam opsi b. Penyebaran islam di indonesia dapat dilakukan dengan saluran perdagangan, perkawinan dan juga dakwah.

Pembahasan

Sejarah masuknya islam awalnya di bawa oleh pedagang Gujarat lalu di ikuti oleh pedagang arab dan Persia. Sambil berdagang mereka menyebarkan agama islam ke tempat mereka berlabuh di seluruh indonesia. Selain ini masuknya islam di Indonesia didasarkan pada teori, yaitu ada teori gujarat, yang menjelaskan bahwa islam masuk ke indonesia dibawa oleh pedagang gujarat india, teori persia yang menjelaskan bahwa islam masuk ke indonesia di bawa oleh pedagang persia, teori china menjelaskan bahwa islam masuk ke indonesia di bawa oleh para turis asing dari china. Terdapat beberapa saluran penyebaran pengaruh Islam di Indonesia sehingga bisa tersebar dan perkembangannya pesat di nusantara, antara lain melalui saluran perdagangan, saluran perkawinan, saluran tasawuf, pendidikan, dan seni budaya. Teori Gujarat menjelaskan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 13 dan disebabkan oleh para pedagang Gujarat yang tengah berada di Indonesia. Teori ini di dibuktikan dengan adanya persamaan Sumatra dan Gujarat, selain itu teori ini juga dibuktikan dengan ditemukannya nisan Maulana Malik Ibrahim di Jawa Timur mirip bentuknya seperti batu nisan di Cambay, Gujarat, India.

Berikut adalah cara penyebaran Islam di Indonesia antara lain:

  1. Perdagangan, Islam diyakini masuk ke Indonesia dibawah oleh para kaum pedagang.
  2. Perkawinan, para pedagang asing yang menetap di Indonesia menikah dengan warga lokal dan membuat padepokan Islam.
  3. Pendidikan, faktor pendidikan juga berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di Indonesia seiring munculnya para ulama dan kyiai.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang tokoh pendukung teori gujarat brainly.co.id/tugas/6272019

2. Materi tentang kapan terbentuk kerajaan islam di indonesia brainly.co.id/tugas/30461859

3. Materi tentang contoh islam masuk ke indonesia lewat jalur perkawinan brainly.co.id/tugas/5603418

———————————————————————————————————-

Pelajari lebih lanjut

Kelas: IX

Mapel: Ilmu Sosial

Bab: 7

Kode: 9.14.7

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ6