jika kalian merupakan seorang yang memiliki kesempatan untuk merasakan produk dari bank konvensional dan bank syariah manakah yang akan kalian pilih? Uraikan alasannya! ​

Posted on

jika kalian merupakan seorang yang memiliki kesempatan untuk merasakan produk dari bank konvensional dan bank syariah manakah yang akan kalian pilih? Uraikan alasannya! ​

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban:

Jika saya memiliki kesempatan untuk merasakan produk dari bank konvensional dan bank syariah saya akan memilih bank syariah.

Alasan utamanya adalah, sebagai seseorang yang beragama Islam, saya ingin menghindari riba. Dengan menggunakan bank syariah, saya dapat menghindari terjadinya riba.

Penjelasan:

Bank adalah sebuah lembaga yang didirikan dalam bidang keuangan. Bank umumnya didirikan dengan memiliki beberapa kewenangan seperti menerima simpanan uang dari masyarakat, meminjamkan uang ke masyarakat, dan menerbitkan surat sanggup bayar.

Menurut PP NOMOR 70 TAHUN 1992 TENTANG BANK UMUM pada pasal 2 ayat 1, dijelaskan bahwa, jika seseorang ingin mendirikan bank di negara Indonesia, maka seseorang tersebut wajib menyetorkan atau memiliki modal sekurang-kurangnya Rp. 50.000.000.000 atau 50 milyar rupiah.

Jika dilihat dari sistem yang digunakan, bank dapat dibagi menjadi dua, yaitu bank konvensional dan bank syariah.

Bank konvensional adalah jenis bank yang memiliki hukum berdasarkan kesepakatan internasional dan nasional, dan juga memiliki hukum berlandaskan formil negara. Bank konvensional banyak terdapat di dunia ini. Untuk mencari keuntungan, bank konvensional akan menggunakan metode penetapan bunga dan biaya-biaya dalam nominal tertentu sebagaimana yang ada dalam kegiatan usaha pada umumnya.

Bank syariah adalah jenis bank yang memiliki sistem perbankan yang dijalankan sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam. Perjanjian yang terbuat antara nasabah dan pihak bank pada saat terjadinya kontak antara pihak nasabah dan pihak bank juga harus sesuai dengan syarat dan rukun akad sebagaimana terdapat dalam syariah Islam.

Adapun perbedaan bank syariah dan bank konvensional diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pada bank syariah tidak ada sistem bunga seperti bank konvensional, tetapi sistem bagi hasil.
  2. Pada bank syariah, jika bank syariah performanya semakin bagus, maka nasabah juga semakin untung, sementara keuntungan yang diperoleh nasabah yang menabung di bank konvensional adalah tetap sesuai bunga yang telah ditetapkan pihak bank konvensional.
  3. Metode transaksi yang ada pada bank konvensional berlaku relatif umum dan sama pada setiap bank konvensional, sementara pada bank syariah bersifat khusus sesuai dengan fatwa yang dikeluarkan para ulama yang sesuai dengan syariat Islam.

Maka dari itu sebagai seorang muslim saya lebih memilih menggunakan bank syariah.

Pelajari lebih lanjut:

  1. Pelajari lebih lanjut materi tentang sejarah bank pada brainly.co.id/tugas/13740719
  2. Pelajari lebih lanjut materi tentang daftar bank yang ada di Indonesia pada brainly.co.id/tugas/25574437

#BelajarBersamaBrainly