Isi pokok weda sruti dan smerti

Posted on

Isi pokok weda sruti dan smerti

Jawaban Terkonfirmasi

Isi pokok weda sruti dan smerti adalah kelompok Weda Sruti isinya hanya memuat tentang wahyu sedangkan kelompok Smrti berisi tentang ingatan kembali terhadap Sruti.

Pembahasan

Hai teman-teman BrainlyLovers…!!! Sekarang kita akan membahas Weda Sruti dan Smrti.  

Selamat belajar…!!!  

1. Weda Sruti

Kata Sruti berasal dari bahasa sansekerta. Jadi Weda Sruti artinya adalah kelompok Weda yang di tulis oleh para Maharsi melewati pendengaran langsung dari wahyu yang berasal dari Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut sifat isinya Weda di bagi atas tiga bagian yaitu:

a. Bagian Mantra

Dijumpai pokok-pokok upacara “Darsapurnamasa”. Darsapurnamasa adalah upacara yang harus dilakukan ketika bulan purnama dan ketika bulan gelap, dan juga berbagai macam upacara-upacara keagamaan besar yang penting dan dilakukan setiap harinya.

b. Bagian Brahmana (Karma Kanda)

Kitab Brahmana adalah suatu kitab yang berisi tentang himpunan doa-doa yang dipergunakan sebagai keperluan upacara yadna. Di dalam kitab Brahmana dijumpai ceritra Sakuntala, Pururawa, Urwasi dan cerita-cerita tentang ikan.

c. Bagian Upanisad / Aryaka (Jnana Kanda)

Upanisad adalah himpunan berupa mantra-mantra yang membahas segala aspek teori tentang ke-Tuhanan. Himpunan ini adalah bagaian teori tentang ke-Tuhanan dan bagian Jnana Kanda dari Weda Sruti.

2. Smrti

Smrti adalah kitab suci agama Hindu, sesudah Veda Cruti. Kitab Smrti memuat tentang ajaran-ajaran hukum agama Hindu, disebut juga Dharma atau Dharma Sastra. Dharma berarti hukum, dan sastra berarti ilmu.

Dharma sastra artinya dalah ilmu hukum agama Hindu. Kata Smrti asalnya dari bahasa Sansekerta, dari kata Smrt atau neuter berarti ingatan, menjadi kata smrti atau feminime berarti : ingatan kenangan, tradisi yang berwenang.

Kitab Smrti adalah sebuah kitab suci Weda yang ditulis atas dasar ingatan oleh para maharsi dari wahyu dari Sang Hyang Widhi.  

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Kajian tentang Weda sebagai kitab suci agama Hindu bisa coba cek brainly.co.id/tugas/9209006
  2. Kajian tentang sistem kasta dalam agama Hindu bisa coba cek brainly.co.id/tugas/8723358
  3. Kajian tentang kitab weda bisa coba cek brainly.co.id/tugas/13825973

Detail Jawaban

Kelas :10

Pelajaran : Sejarah

Kategori : Bab 4 – Indonesia Zaman Hindu dan Buddha: Silang Budaya Lokal dan Global Tahap Awal

Kode : 10.3.2004

Kata Kunci : Kitab Weda, Kelompok Smrti, Kelompok Weda Sruti, Agama Hindu.

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban