Cara membuat briket​

Posted on

Cara membuat briket​

Jawaban:

-Persiapkan penumbuk seperti lesung, lalu arang yang tersedia ini ditumbuk sampai halus sampai menjadi bubuk arang.

-Persiapkan lem kanji serta encerkan dengan menggunakan air panas.

Briket dari Sampah Organik

Sampah selalu ada setiap harinya dan menjadi permasalahan bagi masyarakat terutama dikota besar. Sampah pun membludak dimana – mana sehingga menggangu pemandangan dan mencemari lingkungan. Untuk bisa mengurangi sampah organik ini maka perlu melakukan pengolahan atau penanganan. Penanganan yang tepat yaitu dengan mengolah sampah organik menjadi briket. Briket sampah efektif digunakan untuk bahan bakar kebutuhan sehari – hari, tentunya briket dari bahan sampah organik lebih hemat. Terdapat banyak keunggulan yang bisa didapatkan dengan memasak menggunakan briket sampah, terutama dalam hal cita rasa masakan. Menggunakan briket sampah organik membuat masakan lebih enak dan menghasilkan cita rasa khas dibandingkan dengan menggunakan kompor minyak. Cara membuat briket dari bahan sampah ini pun cukup mudah, simak caranya dibawah ini :

Bahan :

Sampah organik kering seperti daun, ranting, sisa sampah dapur kering, tempurung kelapa, serbuk gergaji, dll

Perekat alami atau buatan yaitu tepung kanji

Alat :

Drum (untuk pembakaran)

Sekop

Wadah (baskom/panci)

Mesin pencetak briket

Anglo (cetakan briket)

Lesung (penumbuk)

Ember

Tongkat kayu(pengaduk)

Proses Pembuatan Briket Sampah Organik :

Pengarangan :

Siapkan drum yang nantinya digunakan untuk proses pembakaran atau pengarangan sampah organik.

Sampah organik seperti daun kering dicacah dahulu lalu dimasukkan ke dalam drum kemudian dibakar. Sampah selanjutnya dimasukkan dalam drum pembakaran sedikit demi sedikit supaya nyala api tidak padam.

Jaga selalu agar proses pembakaran ini tidak ada udara yang keluar masuk dalam drum. Apabila udara bisa keluar masuk drum maka pembakaran ini tidak akan menghasilkan arang namun abu.

Matikan api, jika proses pengarangan selesai.

Pembuatan briket sampah organik :

Persiapkan penumbuk seperti lesung, lalu arang yang tersedia ini ditumbuk sampai halus sampai menjadi bubuk arang. Bila sudah maka kumpulkan bubuk arang pada suatu tempat seperti ember.

Persiapkan lem kanji serta encerkan dengan menggunakan air panas. Campurkan kanji dengan bubuk arang supaya menjadi adonan yang lengket. Bila sudah, adonan diaduk supaya tercampur rata dan menjadi adonan yang sedikit lengket.

Persiapkan cetakan briket, cetakan briket bisa memanfaatkan pipa PVC, bambu atau dengan mengepal bahan menggunakan tangan.

Bila sudah cetak adonan dengan memasukannya dalam cetakan secara padat, bila sudah keluarkan dari cetakan.

Jemur briket dibawah sinar matahari hingga kering.

Briket dari bahan sampah pun siap digunakan.