Jelaskan tentang perkembangbiakan vegetatif buatan!​

Posted on

Jelaskan tentang perkembangbiakan vegetatif buatan!​

Jawaban:Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah cara perkembangbiakan tumbuhan tanpa melalui proses penyerbukan dengan bantuan atau campur tangan manusia. Tumbuhan yang dikembangbiakan dengan vegetatif buatan merupakan tumbuhan yang memberikan manfaat bagi manusia, baik secara ekonomi maupun sosial

Penjelasan:

Maaf kalau salah…

Jawaban:

Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah perkembangbiakan yang dibantu oleh manusia.

Penjelasan:

        Perkembangbiakan vegetatif buatan memiliki 5 (lima) jenis, yakni:

1. Cangkok

Cangkok adalah salah satu cara perkembangbiakan yang mudah dilakukan. Cangkok memiliki kelebihan yaitu tanaman yang ditanam akan berbuah lebih cepat dengan mutu produksi yang sama dengan induk. Sedangkan kekurangannya adalah tanaman hasil cangkokan mudah roboh.

2. Sambung (menyambung)

Menyambung dilakukan dengan cara menyambung pucuk tanaman dengan batang tanaman lain.  Pilihlah pucuk yang diambil dari tanaman yang menghasilkan buah yang manis dan juga besar, dan pilihlah batang dari tanaman berbatang kuat.

3. Setek

Setek adalah perkembangbiakan pada tumbuhan dengan cara menanamkan potongan atau bagian dari tumbuhan. Bagian dari tumbuhan yang dapat ditanam berupa batang, tangkai, atau daun.  Contoh tumbuhan yang dapat disetek adalah singkong dan mawar.

4. Merunduk

Merunduk adalah salah satu bentuk perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan bercabang panjang dengan cara merundukkannya ke tanah, agar batang tanaman yang merunduk dapat berkembangbiak. Syarat merunduk dilakukan pada tanaman yang berbatang lentur, panjang, tidak mudah patah, serta cabang batangnya tumbuh di dekat tanah. Contoh tumbuhannya adalah arbei, stroberi, anggur.

5.Okulasi

Menempel atau okulasi adalah menempelkan mata tunas pada batang tanaman sejenis yang akan dijadikan induk. Tumbuhan yang akan ditempeli harus yang strukturnya kuat. Okulasi bertujuan menggabungkan dua tumbuhan berbeda sifatnya.