Mengapa kulit disebut sebagai pengatur suhu tubuh??? # bantu ya kak​

Posted on

Mengapa kulit disebut sebagai pengatur suhu tubuh??? # bantu ya kak​

Karena kulit mengeluarkan keringat

Pembahasan

Ketika tubuh kepanasan, tubuh mengeluarkan keringat, ketika keringat menguap maka suhu tubuh menurun akibat penyerapan kalor untuk menguapkan keringat

KULIT dinyatakan sebagai salah satu alat ekskresi pada manusia sekaligus sebagai pengatur suhu tubuh. Maksud dari pernyataan tersebut adalah bahwa sebagai alat ekskresi, kulit mengeluarkan zat sisa dari tubuh berupa keringat di mana keringat ini tak sekedar dibuang tetapi juga masih berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh manusia.

Keringat yang dibuang melalui kulit keluar dari tubuh dengan membawa panas tubuh. Hal ini terjadi apabila suhu tubuh meningkat atau pun udara yang ada di lingkungan CUKUP TINGGI (PANAS). Dalam kondisi tersebut, pembuluh darah yang terdapat pada kulit melebar sehingga darah banyak yang mengalir ke wilayah tersebut sdam memicu pangkal kelenjar keringat menyerap air, garam dan juga urea dalam jumlah sedikit. Selanjutnya, zat yang diserap tadi akan dikeluarkan lewat pori-pori. Pori-pori ini sendiri adalah ujung kelenjar keringat.

Dalam kondisi suhu tubuh atau lingkungan yang RENDAH (DINGIN), pembuluh darah yang ada pada kulit akan mengatur suhu tubuh dengan cara menciutkan pembuluh darah dengan demikian keringat tidak keluar dari dalam tubuh. Selain itu, otot yang ada di bagian bawah kulit kita akan berkontraksi sehingga rambut pada kulit pun akan berdiri tegak (merinding) dengan tujuan untuk menangkap panas lebih baik.

moga mmbntu trims