Seni rupa pengaruh islam berkembang mencapai puncaknya di india pada masa pemerintahan

Posted on

Seni rupa pengaruh islam berkembang mencapai puncaknya di india pada masa pemerintahan

Jawaban Terkonfirmasi

Seni rupa pengaruh Islam berkembang mencapai puncaknya di India pada masa pemerintahan Dinasti Mughal, terutama masa Shah Jahan (1627 – 1658 M)

Pembahasan

India berada dalam masa pengaruh Islam sejak berdirinya kesultanan Delhi (1206-1526) dan kemudian mengalami masa kejayaan setelah berdirinya Dinasti Mughal pada tahun 1526.

Dinasti Mughal adalah diansti yang merunut silsilahnya dari bangsa Mongol dan Turki yang masuk Islam, dan didirikan setelah kemenangan Zahiruddin Babur atas kesultanan Delhi. Pada amsa kejayaannya, dinasti ini menguasai India utara, Bangladesh, Pakistan dan Afghanistan.

Pada masa dinasti ini banyak peninggalan seni rupa Islam di India dan negara sekitarnya, terutama yang dibangun oleh Shah Jahan (memerintah 8 November 1627 – 2 Agustus 1658), kaisar kelima dari dinasti Mughal. Bangunan ini antara lain:

1. Taj Mahal

Taj Mahal adalah kompleks makam yang dibuat oleh Shah Jahan sebagai makam untuk mendiang istrinya, Mumtaz Mahal. Makam ini terbuat dari marmer dengan hiasan baru berharga, membentuk kubah dan 4 menara yang berada disisinya. Bangunan ini dianggap sebagai puncak karya seni Islam di India. Taj Mahal berada di kota Agra, di tepi Sungai Yamuna.

2. Benteng Merah

Benterng Merah (Lal Qila) adalah kompleks benteng dan istana di Delhi, ibukota India. Kompleks ini dibangun oleh Shah Jahan pada tahun 1639, sebagai pusat pemerintahan Dinasti Mughal. Warna merah benteng ini berasal dari batuan penyusun dindingnya. Benteng ini meliputi wilayah seluas 106 hektar, dan berisi istana, pasar, barak pasukan dan masjid.

3. Masjid Jami Delhi

Masjid ini dibangun pada 1644 hingga 1656 atas perintah Shah Jahan. Masjid ini mampu menampung 25 ribu jamaah. Masjid ini dihiasi kubah putih yang diapit oleh dua menara setinggi 40 m. Masjid ini terletak diseberang Benteng Merah di kota tua Delhi.

Pelajari lebih lanjut:

1. Alasan Usman bin Affan mengganti gubernur Basrah Abu Musa Al Asyari dengan Ibnu Amir

brainly.co.id/tugas/22806582

2. Khalifah Usman bin Affan sebelum masuk Islam adalah seorang saudagar sukses yang berdagang di negeri Syam dan…

brainly.co.id/tugas/22372360

Detail Jawaban      

Kode: 5.10.1  

Kelas: 5  

Mata pelajaran: IPS / Sejarah  

Materi: Bab 1 – Mengenal Peninggalan Sejarah Masa Hindu, Buddha, dan Islam

Kata kunci: Shah Jahan, Dinasti Mughal, India