bagaimana perkembangan sistem politik dan sistem pemerintahan di indonesia dari awal kemerdekaan sampai sekarang

Posted on

bagaimana perkembangan sistem politik dan sistem pemerintahan di indonesia dari awal kemerdekaan sampai sekarang

Jawaban:

Masa Presiden Soekarno:

Soekarno adalah presiden pertama di Indonesia. Soekarno adalah pejuang kemerdekaan Indonesia yang melawan para penjajah. Setelah kemerdekaan Indonesia, Soekarno memiliki peran penting yaitu sebagai presiden pertama di Indonesia. Kesulitan membingbing negara sehingga terjadi kekacauan pada pertengahan tahun 1960.

Masa Presiden Suharto:

Suharto adalah presiden kedua di Indonesia, dia berhasil menjadi presiden pada tahun 1960an. Dia telah menjadi presiden selama 30 tahun dan perkembangan ekonomi yang mengakibatkan pengurangan kemiskinan tetapi banyak penindasan dan korupsi. Lalu pada tahun 1990 Suharto kehilangan kekuasaannya menjadi presiden Indonesia.

Reformasi Indonesia:

Setelah berada di pemerintahan otoriter selama 30 tahun, politik Indonesia mengalami proses pembauran untuk memberikan kekuatan yang lebih banyak. Periode ini pun dikenal sebagai periode Reformasi Indonesia karena Tak hanya ditandai oleh perubahan struktural (seperti desentralisasi kekuasaan ke daerah dan pembatasan kekuasaan presiden), tetapi juga ditandai oleh kesinambungan (misalnya korupsi, kemiskinan dan pengelompokan modal di kalangan atas).

Indonesia Sekarang:

Bagian ini menampilkan daftar anggota kabinet Presiden Joko Widodo yang dinamai Kabinet Kerja, yang diresmikan pada tanggal 27 Oktober 2014, dan akan memerintah sampai dengan tahun 2019, saat pemilu baru akan diadakan. Presiden Widodo boleh berpartisipasi dalam pemilihan presiden baru pada tahun 2019 karena konstitusi memperbolehkan kepresidenan sampai dua kali masa jabatan (masing-masing lima tahun).

Maple: PKN

Semoga membantu!