Jika menjadi Agen Informasi Covid-19, Jelaskan bagaimana cara bersosialisasi yang bijak di masyarakat agar tindakan dan informasi yang disampaikan saat bersosialisasi membantu pencegahan menyebarnya wabah penyakit yang disebabkan virus Corona ?

Posted on

Jika menjadi Agen Informasi Covid-19, Jelaskan bagaimana cara bersosialisasi yang bijak di masyarakat agar tindakan dan informasi yang disampaikan saat bersosialisasi membantu pencegahan menyebarnya wabah penyakit yang disebabkan virus Corona ?

Jawaban Terkonfirmasi

Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika menjadi Agen Informasi Covid-19 saat melakukan sosialisasi di masyarakat untuk membantu pencegahan menyebarnya virus adalah:

  • Menggunakan cara persuasif (ajakan) yang baik dan perlahan, sehingga masyarakat teredukasi dengan baik dan tidak panik.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan sesuaikan dengan latar belakang pendidikan atau usia masyarakat. Hindari istilah asing/bahasa Inggris yang sulit dimengerti.
  • Libatkan tokoh-tokoh masyarakat setempat agar arahan dianggap serius dan lebih diikuti.
  • Berikan contoh agar pemahaman masyarakat semakin baik.
  • Mulailah dari diri sendiri sehingga anggota keluarga, rekan, dan orang-orang di sekitar kita mengikuti dengan baik.

Pembahasan

Saat ini dunia sedang disibukkan dengan wabah penyakit COVID-19 yang dianggap sebagai bencana pandemi. Peran setiap anggota masyarakat saat ini sangat penting untuk dapat menghentikan proses penyebaran virus ini. Indonesia sebagai negara yang baru saja mengalami lonjakan jumlah pasien terpapar virus COVID-19 sejatinya harus terus mengedukasi masyarakat tentang bahaya dari virus tersebut.

Proses edukasi dan ajakan kepada masyarakat untuk menerapkan hidup bersih dan menjaga jarak serta mengurangi aktivitas di luar rumah mulai banyak digaungkan. Meski demikian, hal ini cukup dilematis karena banyak dari masyarakat kelas menengah ke bawah yang harus tetap bekerja di luar rumah agar dapat menghidupi keluarganya.

Tidak perlu menghakimi, karena mereka tidak memiliki pilihan lain. Justru saat ini kita harus saling mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan, menerapkan etika jika bersin/batuk, dan memeriksakan diri jika merasakan gejala yang tidak biasa agar tidak menjadi media penyebaran virus.

Pelajari lebih lanjut

Ayo pelajari materi lainnya di link berikut!

  1. Stigma di masyarakat tentang COVID-19: brainly.co.id/tugas/27406763
  2. Cara pengendalian sosial: brainly.co.id/tugas/18475493
  3. Masalah sosial elemen subjektif dan objektif: brainly.co.id/tugas/18488976

Detil jawaban

Kelas: 11 SMA

Mapel: Sosiologi

Bab: Permasalahan Sosial dalam Masyarakat

Kode:

#AyoBelajar