salah satu faktor yg perlu diperhatikan dalam pembentukan kelompok sosial adalah persepsi coba deskripsikan faktor tersebut dalam pembentukan kelompok sosial?​

Posted on

salah satu faktor yg perlu diperhatikan dalam pembentukan kelompok sosial adalah persepsi coba deskripsikan faktor tersebut dalam pembentukan kelompok sosial?​

Jawaban Terkonfirmasi

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam pembentukan kelompok sosial adalah persepsi, coba deskripsikan faktor tersebut dalam pembentukkan kelompok sosial.

Persepsi adalah salah satu proses dasar pembentukkan kelompok sosial. Dalam suatu kelompok sosial, setiap individu perlu untuk menyamakan persepsi (pandangan) bersama terhadap hal – hal yang penting dalam kelompok sosial tersebut. Tujuan penyamaan persepsi adalah untuk meminimalisir terjadinya konflik sosial antara individu dalam suatu kelompok sosial.

Pembahasan

Kelompok sosial merupakan sekumpulan individu dalam masyarakat. Kelompok sosial tidak terbentuk dengan sendirinya, melainkan terbentuk karena ada proses yang mengawalinya.

Proses – proses pembentukan kelompok sosial adalah sebagai berikut :

  • Motivasi. Motivasi diperlukan agar individu dalam kelompok tersebut dapat mengembangkan kemampuannya, berkompetisi secara sehat, dan berbagi informasi antar anggota kelompok demi mencapai tujuan kelompok.
  • Interaksi. Interaksi atau hubungan timbal balik merupakan syarat utama dalam pembentukkan kelompok sosial. Interaksi berarti antar anggota kelompok dapat saling berbagi informasi dan dapat meningkatkan keakraban.
  • Tujuan. Kelompok sosial dapat terbentuk akrena masing – masing anggota kelompok memiliki dorongan untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Organisasi. Pembentukan organisasi diperlukan untuk memudahkan koordinasi dan proses berlangsungnya kegiatan dalam suatu kelompok sosial. Dengan adanya organisasi, maka permasalahan dalam kelompok dapat segera diselesaikan.
  • Persepsi. Dalam suatu kelompok sosial, setiap individu perlu untuk menyamakan persepsi (pandangan) bersama terhadap hal – hal yang penting dalam kelompok sosial tersebut. Tujuan penyamaan persepsi adalh untuk meminimalisir terjadinya konflik sosial antara individu dalam suatu kelompok sosial.
  • Independensi. Independensi adalah kebebasan setiap idividu untuk menyampaikan ide dan pendapat dalam kelompok sesuai dengan aturan atau norma kelompok yang berlaku.

Pelajari Lebih Lanjut

Detil Jawaban

Kelas : 11

Mata Pelajaran : Sosiologi

Bab : Kelompok Sosial

Kode : 11.20.6

Kata Kunci : proses pembentukan kelompok sosial, faktor persepsi, faktor pembentukan kelompok, kelompok sosial