Sikap seseorang yang beriman kepada qada dan qadar sebaiknya …..

Posted on

A. hanya pasrah kepada takdir-Nya
B. berupaya dengan keras mencapai ha-
rapan yang dicita-citakan
C. pesimistis dalam menghadapi hidup
D. duduk berpangku tangan
E. selalu berusaha mencapai harapan
yang dicita-citakan dengan segala cara​

Sikap seseorang yang beriman kepada qada dan qadar sebaiknya …..

Jawaban Terkonfirmasi

Sikap seseorang yang beriman kepada qadha dan qadar sebaiknya (B) berupaya dengan keras mencapai harapan yang dicita-citakan.

Pembahasan

Beriman kepada takdir adalah beriman bahwa Allah yang menentukan segala yang terjadi atas ciptaan-Nya, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu yang akan terjadi, semua tertulis dalam Lauh Mahfuzh.

Maka keimanan terhadap takdir akan membuahkan manfaat seperti:

  • Ketenteraman jiwa karena mengetahui bahwa segala kejadian di dunia ini sudah ada ketentuannya dari Allah, dan kita yakin bahwa ada hikmah besar di balik semua kejadian ini.
  • Bahwa Allah adalah Maha Kuasa atas segala sesuatu sehingga tak ada kejadian di alam ini yang tidak berdasarkan kekuasaan-Nya. Dan Allah Maha Pengasih dan Penyayang sehingga tidak mungkin Allah berbuat tidak adil dan tidak sayang kepada hamba-hamba-Nya.
  • Dengan mengetahui bahwa tidak ada yang terjadi kecuali atas ketentuan Allah maka kita akan berani menghadapi segala tantangan dalam menempuh kebaikan, karena tahu bahwa apa pun yang terjadi, asal kita sudah berusaha maka tidak akan ada rugi apa pun.
  • Karena takdir hanya Allah yang mengetahui, maka akan membangkitkan usaha dan kesungguhan dalam diri kita untuk menempuh apa yang dicita-citakan dan membuang kemalasan dari diri kita.
  • Maka sikap malas dan tidak berusaha menempuh segala usaha yang halal adalah ciri tidak beriman kepada takdir.

Pelajari lebih lanjut

Tentang takdir:

Detail Jawaban

Kelas: 10

Mapel: 14 Bahasa Lain

Bab:

Kode: 10.14

#AyoBelajar