Apa yang dimaksud douching, dan apa bahaya yang akan timbul jika itu dilakukan. Juga bagaimana penanganan nya

Posted on

Apa yang dimaksud douching, dan apa bahaya yang akan timbul jika itu dilakukan. Juga bagaimana penanganan nya

Jawaban:

Douching adalah cara mencuci vagina dengan menyemprotkan larutan khusus ke dalam saluran vagina. Hal ini biasanya dilakukan dengan alat khusus yang ada kantong dan selangnya.

Larutan yang dipakai untuk membersihkan vagina umumnya dibuat dari campuran air, cuka, dan baking soda. Namun, saat ini banyak larutan douche yang mengandung parfum dan bahan kimia lainnya.

Larutan ini akan dimasukkan ke dalam kantong douche. Kemudian, larutan tersebut disemprot ke dalam vagina melalui selang.

bahaya:

1. Infeksi bakteri vagina

Pasalnya, menyemprotkan larutan douche ke dalam dinding vagina bisa mengacaukan keseimbangan koloni bakteri baik dan bakteri jahat pada vagina. Akibatnya, bakteri baik yang menjaga vagina dari infeksi bakteri jahat malah mati. Karena itulah bakteri jahat jadi lebih ganas menyerang dan menyebabkan penyakit ini.

2. Infeksi saluran kencing atas

Ini karena metode douche akan membunuh bakteri baik yang melindungi vagina. Dengan begitu, vagina jadi lebih rentan kena bakteri penyebab infeksi saluran kencing.

3. Kanker serviks

Sejumlah penelitian juga telah membuktikan bahwa penggunaan douche dapat meningkatkan risiko kanker serviks hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan wanita yang membersihkan area kewanitaannya seperti biasa.

4. Penyakit radang panggul

Risiko Anda kena penyakit radang panggul bisa mencapai 73 persen kalau Anda rutin melakukan douche. Pasalnya, bakteri jahat yang ada di sekitar bibir vagina bisa terdorong masuk hingga ke dalam rahim, saluran tuba falopi, serta indung telur Anda dan menyebabkan infeksi.

5. HPV

HPV atau human papillomavirus.Menurut sebuah penelitian dalam The Journal of Infectious Diseases, risiko kanker yang diakibatkan oleh virus HPV bahkan mencapai 40 persen pada orang yang suka melakukan douche.

penanganan:

Vagina sudah punya cara sendiri untuk membersihkan diri, yaitu dengan menjaga kadar pH serta koloni bakteri yang seimbang. Karena itu, Anda cukup membasuh vagina dengan air hangat (suam-suam kuku) satu sampai dua kali sehari.

Untuk meringankan gejala atau mencegah infeksi pada area vagina, Anda bisa menggunakan produk antiseptik kewanitaan. Terutama waktu Anda menstuasi, yaitu saat di mana vagina sangat rentan kena infeksi. Tentu saja produk ini hanya digunakan hanya di bagian luar vagina dan tidak di saluran vagina seperti proses douching.

semoga bisa membantu dan bermanfaat :)

*tolong jadikan jawaban terbaik ya ;)