Urutan jalannya sperma mulai dari tempat terbentuknya sampai keluar tubuh adalah

Posted on

Urutan jalannya sperma mulai dari tempat terbentuknya sampai keluar tubuh adalah

Jawaban Terkonfirmasi

Sel sperma merupakan sel reproduksi aktif pada laki-laki yang ada pada organ kelamin pria, yang berukuran mikroskopis. Proses keluarnya sperma atau disebut juga dengan ejakulasi, dimulai dari alat kelamin bagian dalam, kelenjar kelamin dan yang terakhir adalah saluran kelamin.

Pembahasan :

Sel sperma pada dasarnya keluar bersama dengan air mani atau semen pada saat pria berejakulasi. Sperma merupakan sel reproduksi yang membawa sifat-sifat kromosom.

Dan proses mulai terbentuknya sperma adalah berikut :

  1. Testis, pada tahap awal ini sperma akan dibentuk terlebih dahulu di dalam testis atau gonad pria yang akan tersimpan di dalam skrotum atau pelapis testis.
  2. Epididimis, adalah saluran panjang, saluran ini terletak pada belakangtestis. Pada tahapan ini sperma yang telah dibentuk oleh testis akan masuk ke dalam epididimis untuk proses pematangan.
  3. Vas deferens, organ ini terletak pada belakang kandung kemih. Sperma yang telah matang selanjutnya akan masuk ke dalam vesika seminalis atau kantung semen untuk menuju uretra sebelum akhirnya ejakulasi.
  4. Saluran ejakulasi, pada saluran ini sperma akan dialirkan ke dalam saluran ejakulasi yang nantinya akan menyemprotkan sperma untuk masuk ke uretra.
  5. Uretra, pada tahapan terakhir ini sperma kemudian akan mengalir ke uretra untuk ejakulasi.

Pelajari lebih lanjut :

Detail jawaban

Kelas : 11

Mapel : Biologi

Bab : Sistem reproduksi

Kode : 11.4.9

#AyoBelajar

#SPJ5