Cerita rakyat Roro Jonggrang di terbitkan kapan​

Posted on

Cerita rakyat Roro Jonggrang di terbitkan kapan​

Jawaban:"Jarwo Gendeng Roro Jonggrang" beralih ke halaman ini. Untuk sinetron yang ditayangkan di antv, lihat Roro Jonggrang (sinetron).


Arca Durga Mahisashuramardini dalam ruang utara candi Siwa Prambanan yang dipercaya sebagai perwujudan Putri Rara Jonggrang.

Rara Jonggrang (ejaan alternatif: Loro Jonggrang; Lara Jonggrang) (bahasa Jawa: ꦫꦫ​ꦗꦺꦴꦁꦒꦿꦁ) adalah sebuah legenda atau cerita rakyat populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta di Indonesia. Cerita ini mengisahkan cinta seorang pangeran kepada seorang putri yang berakhir dengan dikutuknya sang putri akibat tipu muslihat yang dilakukannya. Dongeng ini juga menjelaskan asal mula yang ajaib dari Candi Sewu, Candi Prambanan, Keraton Ratu Baka, dan arca Dewi Durga yang ditemukan di dalam candi Prambanan. Rara Jonggrang artinya adalah "dara (gadis) langsing".

Penjelasan:

Jawaban:

Rara Jonggrang (ejaan alternatif: Loro Jonggrang; Lara Jonggrang) (bahasa Jawa: ꦫꦫꦗꦺꦴꦁꦒꦿꦁ) adalah sebuah legenda atau cerita rakyat populer yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta di Indonesia. Cerita ini mengisahkan cinta seorang pangeran kepada seorang putri yang berakhir dengan dikutuknya sang putri akibat tipu muslihat yang dilakukannya. Dongeng ini juga menjelaskan asal mula yang ajaib dari Candi Sewu, Candi Prambanan, Keraton Ratu Baka, dan arca Dewi Durga yang ditemukan di dalam candi Prambanan. Rara Jonggrang artinya adalah "dara (gadis) langsing".