Apa yang dimaksud revolusi bulan dan matahari, berikan contoh dan jelas? Jangan asal jawab!!!

Posted on

Apa yang dimaksud revolusi bulan dan matahari, berikan contoh dan jelas?
Jangan asal jawab!!!

Revolusi pada Bulan:

Bulan adalah satelit alami planet Bumi, yang akan bergerak mengelilingi bumi secara terus menerus.

Hal ini dinamakan revolusi Bulan, artinya proses perputaran bulan mengelilingi Bumi pada orbitnya.

contoh:

Gerhana Bulan

Kita sudah tidak asing lagi dengan peristiwa langit yang satu ini.

Gerhana bulan terjadi saat posisi Bulan, Matahari, dan Bumi terletak pada posisi garis lurus atau linear.

Sehingga Bumi berada di antara Bulan dan Matahari, artinya gerhana terjadi ketika Bulan mencapai titik tepat di belakang Bumi dan lurus dengan matahari.

Revolusi pada Matahari:

Sedangkan Yang dimaksud dengan revolusi matahari adalah bergeraknya matahari diantara gugusan bintang dan mengelilingi pusat galaksi.

contoh:

Matahari berevolusi mengelilingi pusat galaksi Bima sakti. Berjarak sekitar 7.62 kiko persec. Dari matahari kearah rasi bintang sagitarius. Matahari memerlukan masa/waktu sekitar 225-250 juta tahun guna menyelesaikan satu periode revolusi. Diperkirakan, sepanjang usianya matahari telah berevolusi sebanyak 20 hingga 25 kali. Para Ilmuwan memperkirakan kecepatan matahari berevolusi sekitar 220 km/s. Matahari juga membawa planet bumi dan 8 planet-planet lainnya untuk mengelilingi pusat galaksi bimasakti yang sangat luas.

maaf kalau salah:))

Jawaban:

KELAS:7

PELAJARAN: geografi

KATEGORI: BENDA LANGIT

KATA KUNCI: ROTASI BULAN, REVOLUSI BULAN

rotasi bulan adalah perputaran bulan pada porosnya dari arah barat ke timur yang memerlukan waktu selama satu bulan. adapun rotasi bulan tidak berpengaruh sama sekali terhadap kehidupan di bumi.

Revolusi bulan adalah pergerakan bulan dalam mengelilingi bumi. ketika berevolusi, luas permukaan bagian bulan yang terkena sinar matahari berubah-ubah sehingga apabila dilihat dari bumi bulan memiliki bentuk yang berubah- ubah atau yang disebut dengan fase-fase bulan dan berlangsung kurang lebih 3-4 hari.

Penjelasan:

ini udah jelas ya

JADIKAN JAWABAN TERBAIK