36 Jelaskan pengertian Hak Asasi Manusia menurut PBB​

Posted on

36 Jelaskan pengertian Hak Asasi Manusia menurut PBB​

Jawaban Terkonfirmasi

Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) menurut PBB adalah hak yang melekat pada semua manusia tanpa memandang ras, jenis kelamin, kebangsaan, suku, bahasa, agama, atau status lainnya. Hak Asasi Manusia (HAM) termasuk hak untuk hidup dan kebebasan seperti kebebasan dari perbudakan dan penyiksaan, kebebasan berpendapat dan berekspresi, hak untuk bekerja dan mendapat pendidikan, dan lain sebagainya.

Pembahasan

Hak Asasi Manusia (HAM) bersifat holistik yang memiliki makna bahwa semua manusia yang ada di seluruh dunia ini terikat dalam HAM. Tidak ada sekat-sekat yang membatasi HAM setiap manusia, sehingga seluruh nilai asasi yang dimiliki setiap manusia adalah sama.

Hak Asasi Manusia (HAM) berbeda dengan Hak Warga Negara. HAM sudah ada dan melekat pada manusia sejak lahir ke dunia ini. HAM merupakan pemberian dari Tuhan Yang Maha Kuasa, sedangkan Hak Warga Negara adalah hak yang dibatasi oleh peraturan sebuah negara, tidak seperti HAM yang lebih bersifat universal dan holistik. Hak setiap warga negara tentu saling berbeda. Dengan demikian, negara memiliki tugas yang berbeda dalam menanggapi kedua jenis hak ini. Negara harus menjamin dan melindungi hak asasi setiap warga negaranya, dan negara harus memberikan hak kepada warga negara yang dibatasi oleh kewajiban warga negara sehingga setiap manusia yang melanggar HAM, dapat dikenakan pasal hukum yang lebih berat daripada pelanggaran hukum lain yang lebih bersifat tidak masif.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian hak asasi manusia dan kewajiban asasi manusia brainly.co.id/tugas/4809271
  2. Materi tentang alasan hak asasi manusia tidak bisa dihilangkan oleh orang lain brainly.co.id/tugas/6654868
  3. Materi tentang pengertian kudeta brainly.co.id/tugas/13575567

————————————————————————————————-

Detail Jawaban

Kelas  : 10

Mapel : PPKn

Bab     : Perkembangan Hak Asasi Manusia

Kode   : 10.9.3

#AyoBelajar #SPJ2