Sebutkan 3 keunikan pakaian adat dari bali

Posted on

Sebutkan 3 keunikan pakaian adat dari bali

Jawaban Terkonfirmasi

Keunikan pakaian adat yang berasal dari Bali adalah:

  1. Pakaian ada untuk pria yang berasal dari Bali memiliki sebuah ciri khas dimana menggunakan sebuah penutup kepala yang dimana berupa udeng, kemudian baju adat tersebut berbentuk seperti jas yang berkerah dan juga dapat menggunakan baju lainnya selama baju tersebut tetap rapih, menggunakan kamen, saput, keris dan juga sejenis selendang.
  2. Pakaian adat untuk wanita sendiri memiliki ciri khas yang dimana mereka akan menggunakan sanggul, memakai kebaya, kamen, bulang pasang, dan menggunakan selendang.
  3. Pada acara yang resmi, penggunaan dari baju adat bali untuk pria dan juga wanita secara umum tidak akan memiliki penutup pada bagian bahu dan juga lengan.

Pembahasan

Indonesia, sebagai sebuah negara yang memiliki berbagai macam baik suku bangsa hingga agama, ras dan juga budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Hal tersebut menyebabkan Indonesia sebagai bangsa yang memiliki keragaman yang tak terhingga, yang dimana kemudian keragaman tersebut akan berbeda-beda dan memiliki keunikanya sendiri. Selain itu, menggunakan pakaian adat sendiri adalah sebagai sebuah bentuk untuk mempertahankan kebudayaan yang ada dan juga melestarikannya, sehingga akan menjadi daya tarik bagi pendatang baik itu wisatawan lokal hingga wisatawan internasional.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang Pakaian adat kebaya berasal dari brainly.co.id/tugas/9747407

2. Materi tentang Pakaian adat batak karo brainly.co.id/tugas/9706727)

3. Materi tentang Pakaian adat baju bodo berasal dari brainly.co.id/tugas/8840099

—————————–

 

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Sosiologi

Bab: Bab 5 – Kebudayaan dan Multikulturalisme

Kode: 11.20.5

Kata Kunci: Bali, Pakaian Adat, Keunikan