jelaskan manfaat dari meneladani 7 sifat asmaul husna al karim, al mu’min, al wakil, al matin, al jami, al adl, al akhir​

Posted on

jelaskan manfaat dari meneladani 7 sifat asmaul husna al karim, al mu’min, al wakil, al matin, al jami, al adl, al akhir​

Jawaban:

Karim kedalam hati orang – orang arif.

Orang yang membaca yaa Kariim sebanyak 270 kali setiap hari akan terbebas sama sekali dari utang mereka.

Barang siapa membaca astaghfirullaah yaa Kariim sering kali merasa aman dari hukuman Allah dan mengharapkan ampunan-Nya

Manfaat Al-Mu’min 

Barang siapa yang mewiridkan ” Yaa Mukmin” minimal 100x setiap selesai sholat, insya Allah akan diberikan rasa aman dimanapun dia berada. Ia terbebas dari rasa takut, cemas, kuatir terhadap berbagai ancaman yang mungkin hadir dalam kehidupannya.

Dengan mewiridkan ya Mukmin sertiap hari insya Allah hati njadi tentram, dan diberi rasa aman oleh Allah dari berbagai ancaman didunia maupun akhirat. Dialam barzakh diberi rasa aman dari siksa kubur, dihari berbangkit juga diberi rasa aman dari kepanikan, kekalutan dan kesengsaraan dihari itu.

Jika seseorang menuliskan Asma Allah ini di kertas atau dengan mengukirnya di cincin perak kemudian dipakai sebagai ta’wiz, maka keselamatan jasmani dan ruhaninya berada dalam tanggungan Allah SWT.

Jika seseorang berdzikir dengan Asma Allah ini sebanyak 36 kali dan memohon perlindungan kepada-Nya ketika menghadapi kekerasan atau bahaya, maka Insya Allah dia akan selamat.

Manfaat Al-Wakil 

Kita menjadi takut untuk melakukan perbuatan buruk. Meneladani Asmaul Husna Al-Wakil memberikan kesadaran kepada Anda untuk takut melakukan perbuatan buruk yang mungkin sebelumnya sering Anda lakukan.

Kita menjadi orang yang selalu ingin berbuat baik. Memang benar kata orang, berbuat jahat lebih mudah daripada berbuat baik. Setiap manusia di dunia ini pasti pernah melakukan kesalahan. Tetapi dengan meneladani Asmaul Husna Al-Wakil, maka akan membuat kita lebih menjadi orang yang ingin terus berbuat baik.

Dan kita selalu ingin beribadah kepada Allah SWT. Mungkin dulunya Anda sering atau bahkan jarang melakukan shalat 5 waktu. Tetapi dengan meneladani Asmaul Husna Al-Wakil ini akan membuat Anda lebih rajin dan memiliki keinginan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Barang siapa memperbanyak dzikir dengan Asma Allah ini, niscaya Allah akan membukakan baginya pintu – pintu kebaikan dan rezeki.

Jika seseorang yang bertawakal kepada Allah berada dalam bahaya bencana alam atau tengah di serang musuh, membaca Asma Allah ini secara terus menerus sebanyak 66 kali, niscaya dia akan selamat.

Rasulullah SAW bersabda, “Jika engkau membaca Hasbiiyallaah laa ilaaha illaa huwa ‘alayh tawakkaltu wa huwa rabb al-‘arsy al-‘azhiim (‘Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain Dia, hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dialah Tuhan yang memiliki Arasy Yang Agung’ [at-Taubah :129] ) diwaktu pagi dan malam hari, maka Allah akan menjadi wakilmu dan akan membimbing urusanmu di dunia ini dan di akhirat dengan bimbingan yang terbaik bagimu”.

Manfaat Al-Matin 

Memiliki sifat kedisiplinan

Memiliki sifat berpendirian teguh, kokoh

Tidak mudah terpengaruh oleh orang lain

Jika seorang yang beriman menydari bahwa dirinya sendiri merupakan seorang yang zalim lagi berperangai buruk, dan ingin meninggalkan sifat buruk itu, maka hendaknya dia membiasakan membaca Asma Allah ini sebanyak 500 kali setiap hari, niscaya akan membantunya untuk menjadi orang yang lebih baik.

Jika seorang ibu kekurangan air susu untuk bayinya, maka jika dia minum dari cangkir yang bertuliskan yaa Matiin maka air susunya akan bertambah.

Barang siapa membacakan Asma Allah ini pada anak perempuan kecil atau anak laki – laki kecil sebanyak 10 kali, niscaya anak tersebut tidak akan berbuat durhaka.