3. Sebutkan dan jelaskan simbiosis makhluk hidup!ayo cepat jawab​

Posted on

3. Sebutkan dan jelaskan simbiosis makhluk hidup!ayo cepat jawab​

Jawaban:

simbiosis makhluk hidup dibagi 4, yaitu

  1. simbiosis mutualisme : hubungan yang saling menguntungkan. contoh, serangga dengan bunga
  2. simbiosis komensalisme : hubungan antara 2 makhluk hidup, yg 1 untung dan pihak lain tidak dirugikan. contoh, anggrek dgn pohon inangnya
  3. simbiosis parasitisme : hubungan 2 makhluk hidup, yg 1 untung dan yg lain dirugikan. contoh, benalu dgn pohon inangnya
  4. simbiosis amensalisme : hubungan antara 2 makhluk hidup, yg 1 dirugikan dan yang lain tdk diuntungkan dan tdk dirugikan. contoh, tumbuhan eucalyptus

Penjelasan:

maaf klo salah

smg membantu ^_^

Jawaban:

Simbiosis Mutualisme

Simbiosis Mutualisme adalah hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis namun saling menguntungkan satu sama lain. Dalam hubungan ini, artinya kedua organisme sama-sama tidak ada yang dirugikan. Kerugian bagi keduanya justru adalah ketika simbiosis itu tidak dilakukan. Oleh karena itu kehadiran makhluk hidup lain menjadi begitu penting bagi mereka yang mengalami simbiosis jenis ini.

diuntungkan.

Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah ketergantungan yang terjadi ketika pihak yang satu mendapat keuntungan namun merugikan pihak lainnya.

Simbiosis mutualisme ini ada juga yang merupakan kewajiban. Artinya organisme yang terlibat membutuhkan satu sama lain untuk bertahan hidup. Contoh simbiosis mutualime dapat dilihat di sekitar kita, baik pada hewan, tumbuhan, bakteri, bahkan manusia.

Simbiosis Komensalisme

Pengertian simbiosis komensalisme adalah sebuah interaksi antara dua makhluk hidup yang menguntungkan salah satu organisme, sementara organisme lain tidak dirugikan dan tidak diuntungkan. Artinya, salah satu makhluk hidup akan diuntungkan sementara makhluk hidup lain tidak terpengaruh.

Penjelasan:

Simbiosis merupakan interaksi biologis antara satu makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya. Terlepas dari apakah mahkluk hidup itu bermanfaat, berbahaya, atau tidak berpengaruh pada satu sama lain. Makhluk hidup yang melakukan ini disebut simbion. Simbiosis dibagi menjadi beberapa macam, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme, simbiosis amensalisme, dan simbioi.