Benua-benua dan dan negaranya yang ada di permukaan​

Posted on

Benua-benua dan dan negaranya yang ada di permukaan​

Jawaban:

1. Zaman Permian (kurang lebih 225 juta tahun yang lalu) – Pada awalnya di bumi terdapat satu benua raksasa saja yang dinamakan sebagai pangea. Di benua pangea ini terdapat dua bagian yaitu bagian utara dinamakan wilayah laurasia dan bagian selatan dinamakan sebagai wilayah gondwana. Benua ini merupakan benua pertama di bumi dan benua purba ini bertahan selama ratusan tahun.

2. Zaman trassic (kurang lebih 200 juta tahun yang lalu) – Pada zaman ini benua pangea terbelah menjadi dua karena adanya gejala-gejala alam seperti pergeseran lempeng tektonik bumi pada lapisan atmosfer sehingga muncullah samudera samudra atlatntik di antara bagian laurasia dan bagian gondwana. Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, benua gondwana terbagi lagi menjadi tiga yaitu bagian amerika selatan, amerika dan india. Dalam posisi ini, letak laut thetys semakin disempitkan karena bagian amerika selatan, afrika dan india semakin bergerak kea rah utara.

3. Zaman jurrasic (kurang lebih 135 juta tahun yang lalu) – Pada zaman ini terjadi keretakan antara wilayah amerika utara dan wilayah Eurasia yang letaknya semakin menjauh sehingga semakin memperlebar luas dari samudra antlantik utara. Wilayah amerika selatan dan afrika semakin berjauhan dan menyebabkan meluasnya wilayah bagian samudera atlantik selatan sedangkan untuk india semakin bergerak menuju asia.

4. Zaman cratceous (kurang lebih 65 juta tahun yang lalu) – Pada zaman ini masih terjadi penyeimbangan letak dimana wilayah amerika selatan dan afrika terus menjauh dan india semakin bergerak menuju wilayah asia. Namun bagian eropa dan amerika masih dihubungkan dengan Greenland.

5. Zaman sekarang – Pada zaman sekarang atau juga disebut dengan zaman emas oleh para ahli gologi karena permukaan bumi sudah terbentuk dan letaknya sudah terbagi sedemikian rupa. Wilayah Greenland saat ini sudah terpisah dan tidak terhubung antara eropa dan amerika. Sedangkan bagian Australia mulai menuju ke utara dan terpisah dari benua antartika. Pulau india yang tadinya terpisah sudah bersatu dengan asia dengan melalui proses tabrakan sehingga timbulah pegunungan Himalaya hasil dari tabrakan kedua daratan tersebut.

Penjelasan

kalau salah ya

mohon jadikan yang terbaik oke plisss