Sebutkan 5 para ahli yang telah memberikan pendapatnya tentang sistem politik!!​

Posted on

Sebutkan 5 para ahli yang telah memberikan pendapatnya tentang sistem politik!!​

Jawaban:

Pengertian sistem politik menurut pendapat para ahli

Menurut David Easton


Sistem politik adalah sebuah sistem yang terdiri dari alokasi nilai nilai dan pengalokasian nilai nilai yang ada bersifat paksaan serta mengikat masyarakat secara keseluruhan. Davin Easton menambahkan bahwa sistem politik dapat dikenali sebagai sebuah interaksi yang diabstraksikan dari seluruh tingkatan sosial, melalu makna nilai nilai dialokasikan secara otoritatif kepada masyarakat.

Menurut Rusadi Sumintapura


Sistem politik adalah mekanisme seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik dalam hubungan satu sama lain yang menunjukkan suatu proses yang langgeng.

Menurut Drs. Sukarno


Sekumpulan pendapat, prinsip yang membentuk satu kesatuan yang berhubungan satu sama lain untuk mengatur pemerintahan serta melaksanakan dan mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur individu atau kelompok individu satu sama lain atau dengan Negara dan hubungan Negara dengan Negara.

____________________

Pembahasan :

Sistem Politik di Indonesia

Adalah kumpulan berbagai kegiatan dalam Negara Indonesia yang berkaitan dengan kepentingan umum termasuk proses penentuan tujuan, upaya-upaya mewujudkan tujuan, pengambilan keputusan, seleksi dan penyusunan skala prioritasnya.

A. Infrastruktur Politik


Adalah lembaga politik atau mesin politik non formal yang berperan secara tidak langsung dalam pengambilan kebijakan-kebijakan politik yang diambil oleh suprastruktur politik sebagai penyalur atau penyampai aspirasi dari berbagai kelompok pada suatu Negara dalam lapisan manapun. Infrastruktur politik dibagi menjadi 7 bagian :

1. Partai Politik (Parpol)


Adalah organisasi yang mempunyai 5 dasar sebagai partai politik yang berbadan hukum dan keberadaannya diakui oleh undang-undang yaitu:


Fungsi Artikulasi Kepentingan.

Fungsi Agregasi Kepentingan.

Fungsi Sosialisasi Politik.

Fungsi Rekrutmen Politik.

Fungsi Komunikasi Politik.

2. Interest Group (Kelompok Kepentingan)


Adalah kelompok masyarakat yang bergabung untuk kepentingan dan keuntungan warganya, kelompok ini tepatnya menampung saran, kritik dan tuntutan kepentingan bagi anggota masyarakat, serta menyampaikan kepada sistem politik yang ada.

3. Pressure Group (Kelompok Penekan)


Adalah kelompok yang melontarkan kritikan untuk para pelaku politik lain dengan tujuan membuat dunia perpolitikan menjadi maju. Karena perbaikan dari kekurangan yang disampaikan oleh para kritikus.

4. Media of  Political Communication (Media Komunikasi Politik)


Adalah alat komunikasi yang sebagai perantara penyebar dan pemberitaan. Contoh : televisi, radio, internet, surat kabar, demo.

5. Journalism Group (Kelompokm Jurnalis)


Adalah kelompok yang membuat berita dan memberitakan hal baru tentang politik. Mereka mengumpulkan informasi yang sebenarnya dari sumber yang terpercaya.

6. Student Group (Kelompok Pelajar)


Adalah kelompok Mahasiswa yang sedang belajar tentang politik di universitasnya, tiap kelompok ini biasanya sering mengkritik tentang keadaan politik Negara dengan berbagai cara.

7. Political Figure (Figure Politik)


Adalah orang lalu-lalang atau yang bekerja didunia politik, dan exist di kalangan masyarakat, berperan penting dalam mengambil keputusan yang berpengaruh dalam suatu wilayah.