Ada tiga komponen penting dalam IMK​

Posted on

Ada tiga komponen penting dalam IMK​

KOMPONEN IMK

1) Manusia

Manusia dipandang sebagai sistem yang memproses informasi.

1. Informasi diterima dan ditanggapi dengan proses input-output.

2. Informasi disimpan di dalam ingatan.

3. Informasi diproses dan diaplikasikan dengan berbagai cara.

• Proses pemasukan dan pengeluaran yang terjadi pada manusia merupakan suatu vision(pandangan).

1. Pemasukan secara fisik dari stimulus.

2. Pengelolaan dan interpretasi dari stimulus.

Alat fisik yang digunakan untuk mendapatkan visi adalah mata. Proses yang terjadi pada mata untuk mendapatkan visi :

1. Merupakan suatu mekanisme penerimaan cahaya yang ditransformasikan ke dalam energy elektrik.

2. Cahaya memantul dari objek-objek yang dipandang dan citra dari objek tersebut difokuskan secara terbalik pada retina.

3. Retina mengandung rod(organ berbentuk batang) untuk pandangan cahaya lemah dan cone (organ berbentuk kerucut) untuk

pandangan berwarna.

4. Sel ganglion (pusat syaraf) berfungsi untuk mendeteksi pola dan pergerakan.

2) Komputer

Didefinisikan perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi dan hasil dari pengolahan tersebut.

Atau, suatu mesin yang menerima input untuk diproses dan menghasilkan output.

• Sistem komputer terdiri dari prosesor, memori I/O. Fungsi dasarnya adalah eksekusi program. Program yang akan dieksekusi berisi sejumlah instruksi yang disimpan di dalam memori. CPU akan melakukan tugas ini dengan cara mengeksekusi program.

• Interaksi

Interaksi membantu manusia apa yang terjadi antara user dan sistem komputer. Sistem interaksi menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh user terhadap sistem yang ada.

Hubungan antara user dan computer dijembatanai oleh antarmuka pengguna (user interface)

• Antarmuka Pengguna

Bagian sistem yang dikendalikan oleh user untuk mencapai dan melaksanakan fungsi – fungsi suatu sistem. Suatu antarmuka secara tidak langsung juga menunjukkan fungsi sistem kepada pengguna. Antarmuka merupakan gabungan dari elemen – elemen suatu sistem,elemen-elemen dari pengguna, dan juga komunikasi atau interaksi diantara keduanya.

• Sebuah sistem antarmuka pengguna,memiliki :

– piranti masukan (keyboard, mouse, dll)

– piranti keluaran (monitor,printer)

– masukan pengguna (gerakan mouse, sentuhan keyboard)

– hasil yang dikeluarkan komputer(grafik, bunyi, tulisan)

Peran antarmuka pengguna dalam kedayagunaansistem sangat penting. Dan pembangunannya merupakan proses utama dalam pembangunan suatu sistem.

• Piranti Bantu Pengembangan Sistem

Komputer tidak bisa berinteraksi dengan manusia bila tidak ada software yang menghubungkan. Bahasa yang digunakan dalam pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa yang dipakai manusia sehari-hari, yaitu bahasa Inggris dengan menggunakan aturan tertentu yg ditulis dan diterjemahkan oleh komputer ke dalam bahasa komputer / bhs mesin.

• Paradigma dan Prinsip Interaksi

Sistem yang interaktif memungkinkan pengguna untuk mencapai suatu tujuan tertentu dalam suatu domain aplikasi. Sistem interaksi harus dapat didayagunakan untuk meningkatkan keberhasilan suatu aplikasi.

1. Bagaimana suatu sistem interaksi dibangun supaya mempunyai daya guna yang tinggi?

2. Bagaimana mengukur atau mendemonstrasikan daya guna suatu system interaksi?

• Dua pendekatan untuk menjawab permasalahan.

1.Paradigma

Sistem interaksi yang berhasil pada umumnya diyakini akan meningkatkan daya guna dari sistem tersebut.

2. Prinsip

Interaksi efektif dari berbagai aspek pengetahuan seperti psikologi, komputasi dan sosiologi, yang mengarahkan pada peningkatan desain dan evolusi produk yg akhirnya akan meningkatkan daya guna sistem tersebut.

• Jenis paradigma

1. Time Sharing

2. Video Display Units

3. Programming toolkits

4. Personal Computing

5. Window System dan WIMP interface

6. Metaphor

7. Direct Manipulation

8. Hypertext.

1. Time Sharing : satu komputer yang mampu mendukung banyak user, meningkatkan keluaran dari sistem.

2. Video Display Units : dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda dan mampu memvisualisasikan abstraksi data.

3. Programming toolkits : Alat bantu pemrograman yang memungkinkan pemrogram untuk meningkatkan produktivitasnya.

4. Personal computing : mesin berukuran kecil yang powerful, yang dirancang untuk pengguna tunggal.

• Prinsip, diharapkan dapat meningkatkan daya guna sistem. Pendayagunaan, dipengaruhi oleh beberapa sifat :

1. Learnability, kemudahan yang memungkinkan user baru berinteraksi secara efektif dan dapat mencapai performance yang maksimal.

2. Flexibility : menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi.

3. Robustness : tingkat dukungan yang diberikan agar user dapat menentukan keberhasilan ataupun tujuan yang diinginkan.