Buatlah algoritma menghitung luas keliling

Posted on

Buatlah algoritma menghitung luas keliling

Jawaban:

Buatlah algoritma untuk menghitung luas dan keliling lingkaran. Dengan masukan berupa jari-jari

Pendahuluan

Pengertian Algoritma

Algoritma adalah susunan logis dan sistematis dari langkah-langkah untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu permasalahan. Misalnya adalah langkah – langkah untuk memasak mie instan, langkah – langkah yang dapat kita temukan di balik bungkus mie instan tersebut juga dapat kita sebut sebagai sebuah algoritma karena merupakan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan yaitu memasak mi instan menjadi matang.

Dalam dunia pemrograman, algoritma digunakan untuk membuat software dengan berbagai kegunaan yang digunakan pada perangkat komputer. Algoritma dalam pembuatan software diimplementasikan dengan beberapa bahasa pemrograman seperti C/C++, C#, Visual Basic, dan bahasa pemrograman lainnya.Tanpa algoritma yang tepat, baris demi baris kode tidak akan menghasilkan output yang diinginkan. Oleh karena itu algortima sangat penting dalam membuat program berfungsi sebagaimana mestinya.

Pengertian dan Pengenalan Program

Apakah program menurut kalian? Program adalah file teks yang berisi pernyataan-pernyataan dalam bahasa pemrograman. Kemudian bagaimanakah cara membuat program? Ada beberapa langkah yang dilakukan, yaitu:

Merancang program. Disini kita mendefinisikan masalah dan menulis algoritmanya untuk penyelesaian masalah tersebut.

Memasukkan program ke komputer (Implementasi).

Kompilasi program ke “excecutable”. Excecutable: membuat program dapat dijalankan.

Jalankan program.

Ulangi hingga benar. Ini disebut proses debugging.

Struktur program, disini kita gunakan patokan bahasa C/C++

Bahasa C/C++ secara umum memiliki struktur program sbb:

Daftar Header file

Deklarasi variabel global dan fungsi-fungsi tambahan

Kepala fungsi utama /main

Definisi fungsi utama / main

Definisi definisi tambahan (subroutine)

Subroutine dapat ditulis setelah fungsi utama atau didalam Library. Namun bila diletakan pada library, maka file library harus disertakan dengan menggunakan preprocessor directive yang diletakan pada daftar header file.

Aturan umum Penulisan Bahasa C/C++

Penulisan Bahasa C++ membedakan antara huruf besar dan huruf kecil (Case Sensitive).

Contoh: #include<stdio.H> dengan #include<stdio.h>

Untuk memberikan komentar suatu statement ada 2 macam, yaitu

1. /* Jika komentar

berisi lebih dari 1 baris. */

2. // gunakan tanda ini jika hanya 1 baris

Awal dan akhir dari fungsi harus diakhiri dengan kurung kurawal

Contoh:

void main()

{

printf(“ProGram”);

getch();

}

Setiap statement harus diakhiri tanda titik koma(;).

Contoh:

printf(“Programing itu Asik!”);

int nilai=100;

Deklarasi.

Bentuk umumnya : Nama_tipe nama_variabel ;

Contoh :

int x; // Deklarasi x bertipe integer

char y, huruf, nim[10]; // Deklarasi variable bertipe char

Setiap Variable yang digunakan wajib di deklarasikan terlebih dahulu.

Contoh: char a=97,A=65;

Pembahasan

algoritma untuk menghitung luas dan keliling lingkaran. Dengan masukan berupa jari-jari. Disini ada proses input berupa jari-jari, menghitung luasan, menghitung keliling, dan mencetak hasilnya ke layar.

Algoritmanya adalah sebagai berikut:

mulai

definisikan pi adalah 3,14

masukan jari-jari

hitung luas = pi x jari-jari x jari-jari

hitung keliling = 2 x pi x jari-jari

cetak luas dan jadi-jari

selesai

Sedangkan bahasa pemrogramanya dalam bahasa C/C++ adalah sebagai berikut:

#include <stdio.h>

#include <conio.h>

#define pi 3.14

void main()

{

float jari_jari, luas, keliling;

printf("Masukan jari-jari : ");

scanf("%f", &jari_jari);

luas = pi * jari_jari * jari_jari;

keliling = 2 * pi * jari_jari;

printf("Luas : %fn", luas);

printf("Keliling : %f", keliling);

getch();

}

Kesimpulan

Algoritma untuk menghitung luas dan keliling lingkaran dibuat dengan memasukan jari-jari lalu menghitung luasan dan menghitung keliling, dan terakhir mencetak hasilnya ke layar.

Pelajari lebih lanjut

algoritma menghitung nilai rata-rata siswa brainly.co.id/tugas/17895059

Detil Jawaban

Kelas : 10

Mapel : TIK

Bab : Mengenal Pemrograman Komputer

Kode : 10.11.6

Kata Kunci : algoritma menghitung luas dan kelilin lingkaran