Buatlah desain pembelajaran steam model project based learning yang berpusat pada masalah​

Posted on

Buatlah desain pembelajaran steam model project based learning yang berpusat pada masalah​

Jawaban:

Desain Pembelajaran Berbasis Proyek

Priansa, Donni Juni., (2017: 214-215) mengungkapkan,

Pembelajaran berbasis proyek akan mampu dioptimalkan jika disusun berdasarkan desain yang tepat. Desain yang dapat dirancang dalam pembelajaran berbasis proyek adalah berkaitan dengan hal-hal berikut.

1. Keaslian (authenticity)

Proyek harus sesuai dengan permasalahan yang secara nyata terjadi dan mampu untuk diamati. Keaslian dapat diperoleh dengan mengajukan pertanyaan.

2. Perilaku akademis (Academy Rigor)

Proyek harus memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk meningkatkan dan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilannya.

3. Pembelajaran aplikatif (applied learning)

Proyek dikembangkan tidak hanya pada keterampilan pokok dan pengetahuan, tetapi juga mempunyai pengaruh besar pada peningkatan keterampilan menyelesaikan masalah.

4. Keaktifan eksplorasi (active exploration)

Proyek yang diberikan hendaknya mampu mengaktifkan minat eksplorasi yang mendalam bagi peserta didik.

5. Kematangan (adult relationship)

Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertemu dan mengobservasi dari ahli yang sesuai dengan bidang masalah.

6. Penilaian (asessment)

Penilaian dilakukan pada proses pembelajaran dan hasil atau produk pembelajaran. Hasil akhir dapat berupa presentasi, pameran, portofolio atau laporan.