A. mengurangi pekerjaan rumah pada anak sehingga anak dapat bermain dengan leluasa
B. membatasi waktu bermain anak dan penggunaan teknologi yang tidak diperlukan
C. mengurangi pengawasan terhadap anak
D. menghukum anak yang malas dengan hukuman fisik
E. melaporkan anak kepada orang tuanya
Game online adalah contoh perkembangan dari tekonologi yang dapat membawa dampak negatif bagi para pelajar. Dampak negatif tersebut berupa perubahan sikap pelajar yang menjadi malas untuk belajar dan lebih mengutamakan bermain tanpa mengenal waktu. Upaya yang tepat untuk mengatasi masalah penyimpangan sosial ini adalah….
B. membatasi waktu bermain anak dan penggunaan teknologi yang tidak diperlukan
Penjelasan:
Kontrol sosial merupakan suatu mekanisme untuk mencegah penyimpangan sosial serta mengajak dan mengarahkan masyarakat untuk berperilaku dan bersikap sesuai norma dan nilai yang berlaku. Kurangnya kontrol sosial terhadap anak yang menyebabkan ia beraktivitas di dalam dunia maya terlalu sering akan berdampak kepada aktivitas anak yang kurang sehat secara sosial. Oleh karena itu, memberikan batas waktu bermain anak dan penggunaan teknologi yang tidak diperlukan merupakan upaya yang tepat untuk mengatasi penyimpangan yang dilakukan anak karena terlalu sering bermain game online.